5 Cara Sehat Tenangkan Pikiran Sebelum Tidur

Written By Andre Surbakti on Selasa, 20 Mei 2014 | 2:41 AM


Bila Anda ingin tidur secara berkualitas, maka hal utama yang perlu diperhatikan sebelum tidur adalah menenangkan pikiran.

Ya, dengan menenangkan pikiran maka tubuh pun akan rileks sehingga lebih mudah tidur dengan nyenyak.

Namun bagaimana caranya agar pikiran Anda bisa tenang mengingat hal tersebut tidak selalu mudah untuk dilakukan.

Berikut beberapa cara sehat yang dapat Anda lakukan agar bisa menenangkan pikiran sebelum tidur, seperti dilansir dari Boldsky:

1. Buat Pengaturan
Kebisingan dan cahaya dapat merangsang pikiran untuk tetap beraktivitas sehingga Anda sulit tidur. Mengatasi hal ini, maka Anda perlu meredupkan bahkan jika perlu mematikan lampu kamar tidur.

Anda juga bisa menyetel musik lembut dengan suara rendah, atau menaruh aromaterapi yang wanginya membuat pikiran Anda rileks. Dijamin, cara ini akan membuat Anda mudah tidur.

2. Lakukan Rutinitas
Bila saat kecil biasanya Anda memiliki ritual sebelum tidur seperti minum susu lalu mendengarkan cerita atau dongeng yang dibacakan oleh orangtua sebagai pengantar tidur, maka ketika dewasa sebenarnya Anda tetap bisa melakukan ritual tersebut dengan cara yang berbeda.

Salah satunya adalah membaca. Anda bisa menjadikan aktivitas ini sebagai ritual sebelum tidur, karena membaca juga bisa membuat Anda mudah mengantuk. Selain itu, Anda juga bisa mandi dengan shower gel beraroma lembut yang membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

3. Matikan Barang Elektronik
Mematikan semua barang elektronik termasuk gadget juga merupakan cara ampuh untuk menenangkan pikiran sehingga Anda lebih mudah untuk tidur. Perlu diketahui, cahaya yang dipancarkan oleh gadget menurut berbagai penelitian terbukti mampu menekan hormon yang membantu Anda untuk tidur yang disebut melatonin.

4. Latihan Fisik
Latihan fisik ringan merupakan salah satu cara paling sehat untuk mengurangi stres dan kecemasan sehingga pikiran Anda bisa lebih rileks. Namun Anda harus melakukan aktivitas menyehatkan itu lebih awal yaitu, sekitar dua atau tiga jam sebelum tidur.

5. Jangan Minum Kopi
Seperti diketahui, kafein memacu kerja jantung yang merangsang otak tetap terjaga. Jadi bila ingin lekas tidur, jangan minum kopi. Tak hanya kopi, Anda juga tidak disarankan minum alkohol dan makan banyak cokelat, makanan berat dan pedas.

Ditulis Oleh : Andre Surbakti ~Vertical Limit Blog

Vertical Limit Blog Anda sedang membaca artikel berjudul 5 Cara Sehat Tenangkan Pikiran Sebelum Tidur yang ditulis oleh Vertical Limit Blog. Jika Anda ingin mengcopy paste artikel ini, Silahkan mencantumkan sumbernya :) Salam Blogger dan Terimakasih.

Blog, Updated at: 2:41 AM

2 komentar:

  1. terimakasih informasinya gan... sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat bagus gan ..
    Makasih infonya ..

    BalasHapus

Like Us

Recent Post

Andre Surbakti