Cara Efektif Lindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Written By Andre Surbakti on Jumat, 25 April 2014 | 7:29 PM

Tindak pelecehan seksual tak mengenal batas usia. Ia bisa menyerang siapa saja. Bahkan, wajah polos dan lucu anak tak luput dari tindakan itu. Lokasinya pun bisa terjadi di mana saja. Rumah maupun sekolah, tak mampu menjamin keamanan anak.

Mengantisipasi itu, psikolog anak dari Universitas Atma Jaya, Agustina Hendrati mengatakan bahwa personal safety harus ditanamkan pada anak sejak usia dini. Anak harus tahu cara melindungi diri, saat orang tua atau orang yang dipercaya tidak berada di dekatnya.

Pertama, ajarkan anak mengenali diri sendiri. "Anak harus tahu siapa dia, nama orangtuanya, berasal dari keluarga mana. Hal-hal umum itu harus diajarkan,” ujar Agustina saat dihubungi Vertical Limit Blog, Selasa, 15 April 2014.

Setelah itu, ajarkan anak mengenali hak dan kewajibannya. Beritahukan pada anak, hal apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Setelah anak memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya, beritahu bagaimana ia harus melindungi dirinya sendiri.

Menurut Agustina, pendidikan perlindungan diri bisa dilakukan melalui dongeng atau permainan. Dongeng-dongeng anak seperti kisah Si Tudung Merah, bisa jadi satu contoh untuk mengajarkan mereka melindungi diri.

"Di kisah itu kan diceritakan bagaimana gadis cilik tudung merah menyelamatkan diri dari serigala jahat. Orangtua bisa mengajarkannya dari kisah-kisah semacam itu," ujar dia.

Bukan hanya itu, anak juga diharapkan bisa memahami apa yang tidak ia suka, serta bagian tubuh mana yang harus ia lindungi agar tidak diganggu orang lain. Setelah itu, ajarkan anak untuk mau menceritakan hal-hal buruk yang dialaminya pada orangtua.

"Saat anak bercerita mengenai tindak kejahatan, jangan pernah anggap remeh hal tersebut. Orangtua terkadang tidak percaya pada anak, terutama saat yang melakukan kejahatan adalah anggota keluarga," lanjutnya.

Ia menyarankan, orangtua untuk menyelidiki setiap cerita mengenai tindak kejahatan yang dialami anak. Ini penting, agar anak percaya bahwa ia mendapat perlindungan tepat dari orangtuanya. (asp)

Ditulis Oleh : Andre Surbakti ~Vertical Limit Blog

Vertical Limit Blog Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Efektif Lindungi Anak dari Kejahatan Seksual yang ditulis oleh Vertical Limit Blog. Jika Anda ingin mengcopy paste artikel ini, Silahkan mencantumkan sumbernya :) Salam Blogger dan Terimakasih.

Blog, Updated at: 7:29 PM

0 komentar:

Posting Komentar

Like Us

Recent Post

Andre Surbakti