Kerja di Rumah Ternyata Bisa Membuat Anda Lebih Stres daripada Kerja di Kantor, Ini Faktanya

Written By Andre Surbakti on Selasa, 27 Mei 2014 | 12:16 PM

Stres selalu mengiringi kehidupan karir Anda. Jika selama ini Anda berpikir bahwa kerja di rumah bisa membuat Anda terbebas dari stress atau frustasi, Anda akan terkejut mengetahui fakta ini.

Peneliti dari Penn State bernama Joshua Smyth dan Matthew Zawadzki serta Sarah Damaske menemukan bahwa orang-orang yang memiliki tingkat stres yang rendah adalah orang-orang yang bekerja di kantor dan bukan yang bekerja di rumah. Seperti yang dilansir oleh contemporaryfamilies.org, orang-orang yang bekerja bahkan memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik daripada orang-orang yang menganggur. Dan yang mungkin belum pernah Anda ketahui selama ini adalah fakta bahwa para ibu yang bekerja penuh waktu dan tetap stabil di usia 20-an dan 30-an memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih di usia 45 tahun daripada ibu-ibu yang bekerja paruh waktu atau yang sama sekali tidak bekerja.

Meskipun bekerja sering dijadikan faktor utama yang menyebabkan orang-orang Amerika stress, sebuah penelitian yang dilansir dari well.blogs.nytimes.com menunjukkan bahwa tingkat stres orang-orang itu sebenarnya lebih rendah jika mereka bekerja di kantor (tidak bekerja di rumah). Peneliti dari Pennsylvania State University menguji level kortisol dari 122 pekerja selama hari kerja dan akhir pekan. Dengan menggunakan sampel air liur, para peneliti menemukan bahwa level kortisol (hormon yang menjadi penanda tingkat stres) jauh lebih rendah pada orang yang bekerja di kantor daripada di rumah. Penelitian itu menyimpulkan bahwa bagi banyak orang, tempat kerja itu merupakan sebuah tempat yang tepat untuk memisahkan diri dari masalah hidup atau masalah sehari-hari. Sementara itu, jika bekerja di rumah, diyakini bahwa tekanan atas tanggung jawab untuk bekerja dan mengatur keluarga bisa membuat Anda semakin stres.

Bagaimana menurut Anda, Ladies? Apakah Anda punya opini atau komentar yang berbeda atas fakta hasil penelitian ini?

Ditulis Oleh : Andre Surbakti ~Vertical Limit Blog

Vertical Limit Blog Anda sedang membaca artikel berjudul Kerja di Rumah Ternyata Bisa Membuat Anda Lebih Stres daripada Kerja di Kantor, Ini Faktanya yang ditulis oleh Vertical Limit Blog. Jika Anda ingin mengcopy paste artikel ini, Silahkan mencantumkan sumbernya :) Salam Blogger dan Terimakasih.

Blog, Updated at: 12:16 PM

2 komentar:

  1. wah bener banget ini,, kerja dirumah malah tambah stress,,saoalnya pekerjaan rumah selalu aja ada..

    BalasHapus
  2. kalau menurut saya sih ada benarnya juga yang di sebutkan di artikel ini gan ..

    BalasHapus

Like Us

Recent Post

Andre Surbakti