Pria Bukan Pendengar Yang Baik, Inilah Alasannya

Written By Andre Surbakti on Kamis, 21 November 2013 | 10:24 PM

Sudah berapa kali Anda memberitahunya? Dan berkali-kali pula ia malah cuek dan tidak mendengarkan Anda. Tetapi, begitulah pria. Dengan seluruh kelebihan dan kekurangannya, pria bukanlah pendengar yang baik.

Tak seperti wanita yang lebih bersabar dan telaten mendengarkan, pria cenderung menganggap mendengarkan itu...

Tidak selalu penting
Pria sangat selektif akan informasi yang ingin didengarnya. Sehingga ketika ia merasa itu tidak terlalu penting, maka informasi itu hanya akan masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan.

Bahkan, hal ini tak terjadi ketika ia dewasa saja. Sejak kecil memang ia sudah menyaring semua informasi tersebut agar otaknya tidak dipenuhi oleh kekhawatiran berlebihan.

Beda pemahaman
Pria mungkin mendengarkan apa yang Anda ucapkan, tetapi apa yang mereka pahami belum tentu sama dengan yang Anda pahami. Inilah yang menyebabkan pria enggan mendengarkan. Mereka malas terlibat masalah atau berdebat dengan Anda. Mereka akan lebih memilih tidak tahu atau pura-pura tidak tahu demi mencari keselamatan diri.

Perbedaan emosi
Pria menyadari perbedaan emosinya dengan wanita, sehingga akan lebih baik apabila ia bersikap cuek dan tidak terlalu mendengarkan, ketimbang ia bisa jadi panas dan meledak emosinya. Wanita lebih pandai menyimpan perasaan dan mengendalikannya. Sedangkan pria berbeda, dan mereka paham akan hal itu.

Tidak tahan kritik
Pria memang pada dasarnya tidak tahan dikritik, sehingga ia memilih tidak mendengarkan Anda. Ia ingin berpikir bahwa dirinya tetap positif dan percaya pada diri. Cara yang paling ampuh adalah dengan mengabaikan Anda.

Tidak suka dikoreksi
Sekalipun salah, pria lebih suka menyadari kesalahannya sendiri. Ia tidak suka ada orang yang mengoreksi tindakannya. Ia merasa punya waktu untuk menyadari kesalahan, tetapi tidak sekarang dan tidak saat itu juga. Sehingga cenderung ia seperti melakukan introspeksi yang membuat ia sadar bahwa ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

Merasa lebih kuat
Pria merasa lebih kuat dan tidak cengeng ketika ia tidak selalu mendengarkan Anda. Apa yang Anda bicarakan biasanya mempengaruhinya secara emosional. Sehingga ia akan menutup jalur tersebut agar ia tetap bisa menjadi pria yang kuat dan tidak mudah jatuh.

Rasional
Pria enggan mendengarkan wanita karena lebih berpikir rasional. Ketika menangkap sesuatu masalah, pria akan berpikir secara sistematis soal permasalahan tersebut. Dan seketika ia bisa tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak perlu dilakukan.

Pria akan menghindari hal-hal yang berbau emosional karena dapat mengubah dan mempengaruhi cara berpikirnya. Yang mana akan membuat masalah tidak selesai, namun justru semakin bertambah pelik.

Lebih mementingkan hasil
Pria cenderung lebih mementingkan hasil akhir ketimbang proses. Ia mungkin tidak terlalu mendengarkan Anda, tetapi ia peduli pada Anda.

Ia mungkin juga tidak terlalu banyak berbicara, tetapi ia tahu harus bersikap bagaimana.

Tidak selamanya ketika pria enggan mendengarkan Anda, maka ia membenci Anda. Ia sebenarnya menyayangi Anda kok, hanya saja ia punya cara yang berbeda untuk menunjukkan rasa sayangnya itu, termasuk problem mendengarkan.

Ditulis Oleh : Andre Surbakti ~Vertical Limit Blog

Vertical Limit Blog Anda sedang membaca artikel berjudul Pria Bukan Pendengar Yang Baik, Inilah Alasannya yang ditulis oleh Vertical Limit Blog. Jika Anda ingin mengcopy paste artikel ini, Silahkan mencantumkan sumbernya :) Salam Blogger dan Terimakasih.

Blog, Updated at: 10:24 PM

0 komentar:

Posting Komentar

Like Us

Recent Post

Andre Surbakti